Makanan Yang Dianjurkan Sebagai Sumber Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Di Asupan Nutrisi 287 views

Selama mengalami masa kehamilan, nutrisi dan gizi merupakan hal penting yang harus dipenuhi. Apabila seorang ibu hamil kekurangan gizi maka akan berpengaruh pada perkembangan janin yang dikandungnya seperti gangguan kesehatan dan komplikasi. Untuk itu, sangatlah penting menjaga asupan nutrisi untuk ibu hamil. Baca Juga Nutrisi ibu hamil trimester 1-3

Asupan nutrisi untuk ibu hamil salah satunya berasal dari makanan. Apabila ingin memenuhi kebutuhan gizi, sebaiknya menjaga pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini daftar makanan yang dianjurkan sebagai sumber  nutrisi bagi ibu hamil :

 

Nutrisi Untuk Ibu Hamil Konsumsi Buah buahan

 

1. Sereal

Didalam sereal terdapat asam folat yang dibutuhkan pada beberapa minggu pertama fase kehamilan. Para ahli menyarankan, seorang ibu hamil untuk mendapatkan asam folat paling  tidak 400 mikrogram perharinya. Sereal bisa dijadikan pilihan bagi ibu hamil untuk dikonsumsi setiap pagi hari, karena kandungan asam folat dan vitamin B yang terkandung didalamnya merupakan nutrisi wajib yang harus dipenuhi oleh ibu hamil.

Namun apabila kurang suka dengan sereal, kebutuhan nutrisinya bisa diganti dengan mengkonsumsi sayur asparagus atau kacang polong.

2. Lens culinaris (Kacang Lentil)

Lens Culinaris atau kacang lenting yang kering mengandung protein yang cukup banyak, sekitar 15 garam per cangkir. Seorang ibu hamil setidaknya membutuhkan 10 hingga 60 gram protein seTiap harinya, agar bisa memenuhinya seorang ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi kacang lentil kering yang dimasak.

Berdasarkan saran dari juru bicara American DieticAssosiation, kacang lentil kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Mengkonsumsi kacang lentil bisa dengan cara mencampurkan pada nasi.

3. Brokoli

Brokoli menjadi sumber nutrisi yang sangat baik bagi ibu hamil, karena banyak mengandung kalsium dan asam folat. Selain itu juga terdapat serat dan antioksidan yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan memerangi berbagai penyakit. Adapun vitamin C yang dibutuhkan ibu hamil untuk membantu penyerapan zat besi dengan maksimal.

4. Susu Tanpa Lemak

Tubuh pada ibu hamil akan menyerap kalsium dua kali lebih banyak dari biasanya, namun biasanya mereka tidak mengetahui dan terlalu sedikit mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium tersebut, susu tanpa lemak bisa menjadi salah satu konsumsi.Segelas susu tanpa lemak memasok sekitar 30% dari kebutuhan kalsium  yang dibutuhkan tubuh yang mencapai 1.000 miligram.

5. Pisang

Pisang merupakan sumber kalium yang bertindak sebagai penambah energi untuk ibu hamil yang mengalami kelelahan. Daging buahnya yang lembut akan mudah dicerna oleh usus dan tidak menyebakan mual.

6. Daging Tanpa Lemak

Daging adalah sumber zat besi hewani yang dibutuhkan saat menjalani masa kehamilan. Pastikan untuk memilih daging yang tanpa lemak agar tidak menimbulkan penyakit saat masih menjalani kehamilan atau pasca melahirkan.

7. Keju

Tidak semua jenis keju baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Pilihlah keju cheddar atau mozzarella, karena keduanya memiliki kalsium dan protein yang tinggi. Setiap ons nya mengandung 150 hingga 200 mg kalsium.

8. Telur

Saat mengandung, ibu hamil terkadang merasa mual jika harus mengkonsumsi daging secara terus menerus. Sebagai alternatif dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil bisa mengkonsumsi telur, karena telur juga memiliki kandungan protein yang banyak. Tidak hanya kandungan protein saja, didalam telur juga terdapat asam amino.

Anda bisa memakan telur dengan didadar kemudian dipadukan dengan brokoli dan diberi taburan keju cheddar atau mozzarella. Sediakan pula segelas susu tanpa lemak sebagai minumannya.

9. Oatmeal

Oatmeal bisa digunakan sebagai pengganti sereal apabila bosan mengkonsumsinya secara terus menerus. Bubur gandum ini bisa menjadi sumber energi yang sekiranya dibutuhkan unruk melakukan kegiatan dirumah. Didalam oatmeal terdapat karbohidrat kompleks yang mampu membuat rasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga membantu seseorang yang menderita kolesterol tinggi.

10. Sayuran Hijau

Rata rata sayuran hijau seperti bayam kaya akan asam folat dan zat besi. Kedua nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi janin yang berada dalam kandungan agar tetap sehat. ibu hamil bisa memasukkan sayuran hijau seperti bayam dengan lobak sebagai menu makan malam.

11. Buah Naga

Meskipun bukan buah asli Indonesia, buah naga sudah tidak asing dan sangat mudah didapatkan baik dipasar, toko buah maupun supermarket.  Buah naga termasuk buah yang sehat untuk dikonsumsi terutama untuk ibu hamil, karena kulit buahnya yang tebal sehingga jarang terkena pestisida. Selain itu buah naga yang matang dapat dijadikan obat batuk berdahak yang sering dialami oleh wanita hamil.

12. Apel

Buah apel dianjurkan untuk ibu hamil karena kaya akan nutrisi dan vitamin. Selain itu juga tinggi serat sehingga dapat dengan mudah dicerna tubuh dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Mengkonsumsi buah apel setiap hari mampu membantu perkembangan janin. Buah apel juga mampu mengatasi sembelit dan diare yang sering dialami ketika hamil.

13. Air Putih

Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh karena tubuh membutuhkan cairan yang banyak terutama saat keadaan hamil. Meminum air putih setiap hari dapat mengurangi rasa lelah saat hamil, meningkatkan mood, meredakan sakit kepala dan sebagainya.

14. Stroberi

Meskipun tidak berkaitan langsung dengan ibu hamil, tetapi buah stroberi termasuk buah yang aman dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya buah ini kaya akan vitamin C, serta terdapat asam pektin yang bertindak sebagai penghilang lemak dalam makanan. Merangsang nafsu makan dan meningkatkan peristalistik.

15. Cherry (Buah Ceri)

Ternyata didalam buah ceri memiliki kandungan nutrisi 20 kali lipat lebih banyak daripada buah apel dan jeruk. Tiap tipa nutrisi dalam tubuh akan bekerja sama maupun secara individu untuk menangkal radikal bebas, mencegah peradangan, melawan kanker dan menenangkan syaraf otak karena mampu mengedarkan darah normal dengan baik ke otak.Terkandung pula mineral seperti mangan, tembaga, kalium zat besi dan zat zat lainnya yang beberapa diantaranya sangat penting bagi ibu hamil dan perkembangan janin yang ada dalam kandungan.

Sebaiknya mengkonsumsi buah ceri yang masih segar, karena buah ceri yang segar dan matang dapa melancarkan pencernaan serta dapat membuat kulit bayi menjadi sehat dan bersih.

16. Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang tinggi yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil. Selain itu juga mengandung Omega 3 yang sangat bermanfaat bagi kecerdasan otak bayi yang berada dalam kandungan.

17. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki kandungan nutrisi untuk ibu hamil. Didalam ubi jalar, terkandung vitamin A, dan asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Kebutuhan akan nutrisi untuk ibu hamil tidak boleh disepelekan karena berdampak pada kesehatan ibu dan  bayinya. Ibu hamil yang kekurangan nutrisi bisa menyebabkan bayi terlahir prematur, keguguran, kelainan pada sistem syaraf bayi, perkembangan janin yang tidak normal bahkan kematian. Untuk itu selalu perhatikan pola makan dan selalu makan makanan yang bergizi agar kebutuhan nutrisi selalu terpenuhi.

Tags: #Apel #Brokoli #Cherry #Daging #Ikan #Pisang #Sayuran Hijau #Stroberi #Telur #Ubi Jalar

author
Penulis: 
    Asupan Nutrisi ibu hamil trimester 3
    Asupan Nutrisi ibu hamil trimester 3
    Nutrisi selama kehamilan menjadi salah satu faktor
    Tak Perlu Khawatir Nutrisi Ibu Hamil Trimester 2 Akan Menyehatkan Anda
    Tak Perlu Khawatir Nutrisi Ibu Hamil Trimester 2 Akan Menyehatkan Anda
    Trimester ini memang lebih nyaman daripada trimester
    Penting Mengetahui Apa Saja Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1
    Penting Mengetahui Apa Saja Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1
    Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1 Memilih jenis
    Macam-Macam Nutrisi Ibu Hamil Muda Dan Pantangannya
    Macam-Macam Nutrisi Ibu Hamil Muda Dan Pantangannya
    Nutrisi Ibu Hamil Muda Dalam fase mengandung

    Tinggalkan pesan "Makanan Yang Dianjurkan Sebagai Sumber Nutrisi Untuk Ibu Hamil"

    Baca Juga×

    Top