Cara Merawat Wajah agar Tidak Berjerawat

Di Perawatan Wajah 459 views

Kemunculan jerawat diawali dengan penyumbatan pori-pori wajah. Lambat laun, sumbatan itu menjadi benjolan merah. Jika semakin parah, benjolan tersebut akan membesar. Biasanya, berisi cairan putih atau nanah. Gejala ini diikuti rasa gatal, bintik merah bertambah banyak, serta komedo hitam.

Jerawat bisa menyerang laki-laki maupun perempuan. Masalah kulit tersebut kerap kali terjadi pada remaja belasan tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan, kulit orang dewasa pun terserang jerawat.

Jenis jerawat ada lima, yaitu blackhead, whitehead, papula, pastula, dan nodula. Penyebabnya tidak hanya hormon, tetapi juga gaya hidup. Makanan pun kerap kali memengaruhi pertumbuhan jerawat.

Lalu, bagaimana cara merawat kulit agar tidak berjerawat? Berikut ini tips-tips yang bisa dilakukan.

  1. Menggunakan Sabun Wajah Sesuai Jenis Kulit

Cara Merawat Wajah agar Tidak Berjerawat menggunakan sabun wajah 

Kini, tidak sulit menemukan produk pembersih muka di pasaran. Bahkan, mereknya kian beragam. Mulai dari yang murah hingga harga mahal. Beberapa produk memang tergolong laris karena menjanjikan hasil memuaskan. Namun, belum tentu cocok dengan kulit wajah Anda.

Untuk kulit kering, hindari pembersih yang mengandung alkohol. Sementara itu, kulit berminyak harus menggunakan produk bebas minyak. Pastikan juga, pembersih tersebut tidak beraroma harum dan berbusa sedikit.

  1. Rajin Keramas

Percaya atau tidak, kotoran dari lingkungan sekitar kerap menempel di rambut. Ketika rambut mengenai wajah, bakteri yang terbawa bersama kotoran akan berpindah. Jika dibiarkan, bisa menjadi tempat tumbuhnya jerawat. Karena itulah, Anda harus rajin mencuci rambut atau keramas.

  1. Memakai Scrub Seminggu Sekali

Sabun scrub memang kurang bagus jika dipakai setiap hari. Namun, sesekali perlu menggunakan scrub. Pasalnya, di pori-pori kulit wajah terdapat kotoran yang kerap kali sulit dibersihkan. Nah, dengan butiran scrub, unsur sekecil apa pun pasti terangkat.

Saat semua kotoran terangkat, komedo pun hilang. Selain itu, memakai scrub juga menjadi cara merawat wajah agar tidak kusam. Hasilnya, kulit bebas jerawat dan tampak berseri.

  1. Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

Tanpa disadari, riasan bisa menjadi pemicu jerawat. Hal itu terjadi jika Anda malas membersihkan make up sebelum tidur. Saat terlelap pada malam hari, sel-sel di dalam tubuh mulai bekerja. Ketika riasan belum bersih, kinerja sel tidak optimal. Akibatnya, proses regenerasi terhambat.

Pagi harinya, kulit wajah penuh minyak. Kalau kebiasaan tersebut berlanjut, sebum menumpuk di folikel rambut. Penumpukan ini dimanfaatkan oleh bakteri untuk berkembang biak. Karena itulah, timbul gejala gatal, bintik merah, hingga benjolan bernanah.

  1. Mengganti Sarung Bantal dan Seprai Secara Rutin

Meskipun berada di dalam kamar, alas kasur beserta sarung bantal bisa menjadi sarang bakteri. Apalagi kalau jarang dibersihkan atau dicuci. Tentu, jumlah bakteri yang berkembang semakin banyak. Inilah penyebab munculnya jerawat di wajah.

Jadi, untuk mencegah infeksi bakteri jerawat, ganti seprai dan sarung bantal tiga hari sekali. Jika memang tidak sempat, Anda bisa melakukannya seminggu sekali. Hal yang penting, jangan biarkan hingga berbulan-bulan. Semakin lama mencucinya, jumlah bakteri akan bertambah.

  1. Mengurangi Konsumsi Makanan Penyebab Jerawat

Jerawat yang mulanya dipicu penumpukan sebum, bisa semakin parah akibat makanan. Secara langsung, makanan berpengaruh terhadap kecantikan kulit wajah. Salah makan, berarti risiko terkena masalah kulit semaki besar. Jadi, pilih makanan dengan nutrisi tinggi. Namun, hindari beberapa santapan, seperti mi instan, aneka gorengan, serta keju.

Mengapa harus mengurangi konsumsi keju? Keju merupakan makanan penghasil hormon IGF-1 yang bisa membuat kulit meradang. Santapan bergizi ini pun dapat membentuk minyak alami dan menaikkan kadar insulin dalam tubuh. Semakin sering mengonsumsi keju, jerawat akan bertambah.

  1. Memakai Masker Seminggu Dua Kali

Tidak dimungkiri, masker merupakan produk yang bisa mempertahankan kecantikan seorang wanita. Saat ini, berbagai jenis masker beredar di toko kosmetik atau swalayan. Beberapa menawarkan pemutihan kulit wajah sekaligus mengencangkannya. Namun, apakah Anda yakin dengan kualitas produk buatan pabrik tersebut?

Jika kurang yakin, gunakan saja masker alami. Beberapa contoh buah yang bisa dijadikan masker, yaitu mentimun, pepaya, lemon, jeruk nipis, dan avokad. Selain aman, masker dari bahan alami tidak memiliki efek samping. Anda bebas memakainya kapan pun.

  1. Menghindari Stres

Kondisi stres diawali dengan tidur yang tidak teratur. Bahkan, terlalu sering begadang bisa memicu keadaan tersebut. Saat mengalami stres, hormonglukokortikoid akan naik. Inilah penyebab kemunculan jerawat. Semakin jarang tidur, jumlah jerawat pasti bertambah.

Karena itu, aturlah pola tidur sehari-hari. Minimal, bisa beristirahat selama 7-8 jam per hari. Dengan tidur teratur, raga menjadi sehat. Kondisi tubuh pun bugar dan pikiran terasa segar. Kalau ini bisa dipertahankan, Anda pasti terhindar dari stres.

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Mayoritas orang Indonesia sangat menggemari minuman manis, seperti teh, kopi, dan susu kalengan. Beberapa bahkan menyukai minuman bersoda. Padahal, soda ini tidak baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan. Soda mampu meningkatkan kadar gula darah sehingga produksi sebum pun bertambah.

Untuk mencegah jerawat, Anda harus memperbanyak minum air putih. Selain mampu menetralkan racun, air putih pun dapat mengontrol minyak di kulit. Dengan demikian, penumpukan di pori-pori bisa dibersihkan.

Ketika pori-pori bersih, jerawat tidak mungkin kembali lagi. Namun, takaran minum air putih harus dipertahankan. Misalnya, minimal 8 gelas sampai dengan 1 liter per hari. Efek yang terjadi, kulit bebas kusam, kering, ataupun minyak berlebih.

  1. Mengaplikasikan Tabir Surya Sebelum Memakai Riasan

Memakai make up merupakan kegemaran sebagian perempuan. Bagi pemilik kulit wajah berminyak, aplikasikan sunscreen sebelum menggunakan kosmetik. Produk tabir surya tersebut berfungsi melindungi kulit dari paparan ultraviolet.

Jika ingin hasil maksimal, gunakan sunscreen dengan SPF (Sun Protection Factor) 30. Tabir surya jenis ini bisa bertahan hingga 5 jam. Kini, SPF 30 kerap kali dikombinasikan dalam produk BB cream. Harganya pun tergolong murah, tetapi tidak murahan. Beberapa justru digabungkan dengan produk pemutih wajah.

  1. Mengontrol Produksi Sebum dengan Es Batu

Es batu terbuat dari air tawar yang dibekukan. Sebelum memakai riasan, tempelkan es batu di seluruh wajah. Selain membuat kosmetik tahan lama, benda ini juga mampu mengurangi kadar sebum. Jika persentase tersebut menurun, Anda terhindar serangan jerawat.

Sangat mudah mengaplikasikan es batu di wajah. Pertama, bungkuslah es batu dengan kain. Kemudian, tempelkan di bagian yang berpotensi menghasilkan sebum. Sebagai contoh, di daerah hidung, pipi, dan dahi.

  1. Hindari Gonta-Ganti Merek Make Up

Kosmetik sangat identik dengan perempuan. Produk tersebut digunakan sebagai alat mempercantik wajah. Harga make up yang semakin murah, sering kali menarik perhatian mereka. Terlebih menjanjikan kualitas berkelas meskipun harganya terjangkau.

Namun, terlalu sering mengganti merek kosmetik bisa memicu jerawat. Jadi, gunakan satu brand saja. Jika terpaksa harus ganti, pastikan kondisi kulit wajah sudah netral. Tujuannya agar tidak terjadi iritasi atau muncul jerawat.

Demikian ulasan mengenai cara merawat wajah agar tidak berjerawat. Perawatan ini harus dilakukan secara kontinyu untuk mendapatkan hasil optimal. Semoga bermanfaat.

Tags: #Air Putih #Es Batu #Keramas #Make Up #Masker #Sabun Wajah #Scrub #Stres

author
Penulis: 
    Cara Merawat Wajah Secara Alami Agar Putih Bersih
    Cara Merawat Wajah Secara Alami Agar Putih Bersih
    Bagi seorang wanita yang memperhatikan kecantikan wajib
    Cara merawat kulit wajah agar tidak kusam
    Cara merawat kulit wajah agar tidak kusam
    Sebelumnya sudah saya bahas 6 Manfaat Kunyit
    Cara merawat wajah agar bersih dari jerawat & komedo
    Cara merawat wajah agar bersih dari jerawat & komedo
    Sebenarnya banyak sekali cara merawat wajah agar
    Cara merawat wajah agar terlihat segar
    Cara merawat wajah agar terlihat segar
    Beberapa orang menanyakan mengenai cara merawat wajah

    Tinggalkan pesan "Cara Merawat Wajah agar Tidak Berjerawat"

    Baca Juga×

    Top