Berat Badan Ideal Berdasarkan Tinggi Badan

Di Perawatan Badan 709 views

Wajib di baca,Berat badan ideal berdasarkan tinggi badan, Masalah berat badan sepertinya tidak akan pernah usai. Di era modern dengan persebaran iklan di berbagai media yang menampilkan tubuh-tubuh ‘standar’, masyarakat pun semakin terobsesi untuk mengikuti standar tersebut. Tidak peduli dirinya hanya memiliki tinggi setinggi 160 cm dan berat sebesar 55 kg, dia sudah terlanjur mematok impian untuk berpostur seperti model setinggi 175 cm dengan berat yang sama.

Hal ini tentu saja tidak sehat. Dilihat dari segi mana pun, berat badan yang ideal tidak bisa disamaratakan antara dua individu yang memiliki proporsi berbeda. Alih-alih menilai dari kesamaan bentuk tubuh, berat badan ideal berdasarkan tinggi badan yang justru seharusnya dijadikan sebagai acuan.

Faktor yang Memengaruhi Metabolisme dan Berat Badan Ideal

berat badan ideal berdasarkan tinggi badan wanita

Berat badan ideal setiap orang tidak bisa dipukul rata. Pasalnya, hal-hal yang memengaruhi metabolisme setiap individu juga tidak sama. Seorang atlet pria tentu tidak dikategorikan sebagai obesitas jika memiliki berat badan 95 kg dengan tinggi badan 180 cm. Sementara itu, seorang pria biasa boleh jadi termasuk kategori obesitas dengan ukuran tinggi dan berat badan yang sama.

Perbedaan ini disebabkan oleh beberapa faktor yang turut dipengaruhi oleh metabolisme. Lantas, apa saja faktor yang berperan dalam metabolisme tubuh dan berat badan ideal seseorang?

Gender

Bila Anda seorang wanita yang pernah melakukan diet mati-matian mungkin pernah merasa kesal karena hasil yang tidak kunjung datang. Padahal, segala cara dan jenis diet sudah pernah dicoba. Sementara itu, seorang kawan pria yang juga berada dalam program serupa dapat menurunkan berat badannya lebih cepat. Usaha yang dilakukannya pun boleh jadi juga tak sebesar yang Anda lakukan.

Pada dasarnya, metabolisme pria dan wanita memang berbeda. Menurut sebuah penelitian, laki-laki memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi sekitar 5-10% dibandingkan wanita. Maka dari itu, pria cenderung lebih bebas saat makan sekalipun dalam porsi yang berkali-kali lipat dari porsi wanita dan tetap berpostur ideal.

Hormon testosteron laki-laki pun lebih banyak dibandingkan wanita. Selain sebagai hormonuntuk perkembangan organ seks pada laki-laki, hormon generatif ini juga berfungsi dalam pembentukan dan penguatan massa otot. Semakin banyak otot yang terbentuk, maka semakin banyak pula lemak dan kalori yang terbakar.

Massa Otot

Dalam beragam referensi diet, Anda tentu sering mendengar bahwa berat badan mungkin saja tidak turun dan justru bertambah saat melakukan diet yang dibarengi aktivitas fisik. Hal ini bukan berarti diet yang dilakukan gagal, melainkan justru bertambahnya massa otot di dalam tubuh.

Seperti yang disampaikan di awal, berat badan ideal seorang atlet yang berotot tidak bisa dihitung sama seperti berat badan ideal seseorang yang biasa-biasa saja. Pasalnya, otot membutuhkan lebih banyak energi agar dapat berfungsi.

Semakin banyak jaringan otot yang terbentuk, semakin banyak pula energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila dihitung secara nutrisi, jangan heran jika asupan kalori harian atlet justru berada pada angka yang lumayan fantastis. Karena itu, bila Anda sedang melakukan diet, bukan sekadar angka pada timbangan yang seharusnya menjadi patokan, melainkan perbandingan massa otot dan lemak yang ada di dalam tubuh.

Menghitung Berat Badan Ideal

tips menghitung Berat Badan Ideal Berdasarkan Tinggi Badan

Semakin hari, semakin banyak saja formula baru yang ditemukan untuk mengukur idealnya berat badan seseorang. Namun di antara sekian banyak cara baru, mengukur berat badan ideal berdasarkan tinggi badan merupakan cara yang paling mudah dan cukup akurat.

Mengukur BMI (Body Mass Index)

Anda tidak harus pergi ke puskesmas, klinik, atau rumah sakit untuk menentukan ideal atau tidaknya berat badan saat ini. Langsung dari rumah sendiri, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Adapun alat-alat yang perlu dipersiapkan adalah timbangan badan, meteran, pena atau pensil, kertas, dan penggaris.

  • Timbang berat badan, catat.
  • Berdiri menempel pada dinding dengan permukaan yang rata. Pastikan bagian tumit menempel pada dinding dengan posisi badan tegap.
  • Arahkan pandangan lurus ke depan, kepala tegak dan bagian belakang menempel pada dinding.
  • Letakkan penggaris di sisi teratas kepala, sejajarkan dengan tembok.
  • Beri tanda kecil pada dinding.
  • Ukur panjang tanda tersebut sampai ke dasar lantai.
  • Masukkan hasil pencatatan pada formula ini:

Rumus meng minghitung BeratBadan dengan akurat

  • Cocokkan dengan nilai standar

Sebagai catatan, perhitungan ini adalah standar ideal untuk pria dan wanita yang tidak melakukan aktivitas fisik (olahraga terkait massa otot seperti angkat beban) dan berusia 21 tahun ke atas.

Mencapai dan Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Setelah mengetahui cara mengukur berat badan ideal berdasarkan tinggi badan di atas, kini saatnya Anda melakukan tindakan. Bila berat badan di bawah atau di atas normal, berbagai gangguan kesehatan mengintai untuk menumbangkan Anda.

Risiko Berat Badan Tidak Ideal

Baik kekurangan maupun kelebihan berat badan sama-sama memiliki efek negatif pada tubuh seperti berikut ini.

  • Gangguan tidur
  • Penyakit paru-paru
  • Berkurangnya kualitas dan kuantitas sel sperma
  • Serangan jantung
  • Diabetes tipe 2
  • Kanker
  • Gagal jantung
  • Keguguran
  • Dan lain-lain

Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Gaya hidup sehat adalah kunci utama untuk mencapai badan yang sehat dengan berat yang ideal. Bila ingin menaikkan atau menurunkan berat badan (lemak), maka ubahlah pola hidup yang selama ini belum teratur.

  • Pola Makan dan Nutrisi yang Tepat

Jangan lewatkan sarapan, makan siang, dan makan malam. Makanlah dengan porsi yang moderat dan nutrisi yang seimbang (karbohidrat kompleks, protein, lemak, vitamin, dan mineral). Kurang kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan keinginan untuk ngemil.

Untuk hitungan kalori dan jenis diet yang sesuai, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Selain itu, cobalah pula untuk melakukan pemeriksaan laboratorium. Dengan demikian, Anda bisa lebih spesifik menentukan target—misal menurunkan kadar gula darah, kolesterol, asam urat, dan lain-lain.

  • Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi banyak air mineral. Pasalnya, lebih dari 50% tubuh manusia dewasa terdiri dari air. Dengan selalu memenuhi kebutuhan konsumsi air ini, Anda akan dapat lebih mudah fokus dan produktif, memperlancar metabolisme, membantu merawat wajah agar tidak mudah berjerawat, dan puluhan kebaikan lainnya.

Selain itu, saat merasa lapar, Anda juga sebaiknya minum terlebih dahulu. Sering kali, rasa haus terkamuflasekan oleh rasa lapar. Apabila setelah meminum perut Anda tidak lagi terasa kosong, buat apa diisi yang lain?

  • Olahraga Teratur

Anda bisa berolahraga ringan seperti berjalan, low impact cardio, dan lain-lain untuk memperbaiki dan menjaga kestabilan metabolisme. Dengan bantuan olahraga, target untuk mencapai berat badan ideal berdasarkan tinggi badan tentu akan lebih mudah tercapai.

Lakukan dengan rutin, setidaknya 30 menit setiap hari. Selain berat badan yang stabil, postur tubuh Anda tentu akan menjadi lebih apik.

Nah, demikianlah informasi terkait faktor yang memengaruhi, cara mendapatkan, dan cara mengukur berat badan ideal berdasarkan tinggi badan. Meski keelokan penampilan dengan berat yang proporsional adalah hal yang menggiurkan, fokuskan tujuan Anda untuk mencapai tubuh yang lebih sehat.

Semoga bermanfaat!

Tags: #Gagal jantung #Gender #Kanker #Massa Otot #Nutrisi #Olahraga Teratur #Penyakit paru-paru

author
Penulis: 
    Cara Menambah Berat Badan Wanita Kurus
    Cara Menambah Berat Badan Wanita Kurus
    Beragam risiko kesehatan mengintai di balik tubuh
    Resep Makanan Bayi Usia 6 Bulan untuk Menambah Berat Badan
    Resep Makanan Bayi Usia 6 Bulan untuk Menambah Berat Badan
    Penuhi MPASI dengan resep makanan bayi usia
    Susu Formula untuk Bayi Kurang Berat Badan
    Susu Formula untuk Bayi Kurang Berat Badan
    Jangan gegabah memberi susu formula untuk bayi
    Fitness untuk menambah berat badan 100%
    Fitness untuk menambah berat badan 100%
    Gerakan dan pola latihan fitness untuk menggemukkan

    Tinggalkan pesan "Berat Badan Ideal Berdasarkan Tinggi Badan"

    Baca Juga×

    Top